Selasa, 18 Februari 2014

003 Tips langkah ke-4 CCTV, menyesuaikan Lensa dengan Field of View

Field of View bisa diartikan area mana yang dijadikan coverage camera.

Seumpama kita mengingat tampilan gambar pada monitor atau TV, maka batas KIRI-KANAN-ATAS-BAWAH, itulah area yang mau kita ambil.

Contoh Perumpamaan :
Misalkan ada 10 orang berbaris diatas pentas, 5 wanita sebelah kiri berjejer, dilanjutkan 5 laki-laki disebelah kanan.
Lalu kita dari bawah pentas mau mengabadikan foto, maka foto kita akan INDAH apabila seimbang antara kiri, kanan, atas dan bawah.
10 orang yang berjejer harus lengkap, tidak boleh ada yang tidak terlihat. Begitu juga atas bawahnya, dari rambut hingga sepatu harus terabadikan semua.
Sudah pasti untuk mendapatkan hasil yang benar itu kita akan menjepret kamera beberapa kali, berpindah-pindah maju-mundur posisi kita, Benar ???? Termasuk memainkan Zoom Lensa kamera kita.

Setelah kita maju-mundur, dapat posisi paling tepat FOV-nya. Berapa Jarak badan kita ke 10 orang tadi. Paling tidak, jaraknya sekitar 5 meter. 
Sekarang bagaimana jika jarak kita 10 meter terhadap 10 orang tadi, kita mundur, sudah pasti kita menggunakan ZOOM.

Bayangkan misalkan yang anda pakai untuk jepret adalah Camera CCTV dengan 540TVL, Lensa spesifikasi 3,6-10mm , bisa ZOOM.
Sebelum di Zoom, posisi lensa adalah  WIDE = Posisi 3,6mm
Jika kita gerakkan Zoom-nya maka posisi lensa  adalah TELE = Posisi 10mm
Dalam posisi WIDE, posisi lensa 3,6mm maka hasil jepretan, orang akan tampak kecil, Atas-bawah hasil jepretan tidak lagi tepat di atas kepala dan sepatu, melainkan atap pentas dan tiang pentas-pun akan kelihatan, maka kita perlu memainkan Zoom.
Cari Posisi zoom yang paling tepat, misalkan pada posisi 6mm
Berarti Posisi Lensa di 6mm adalah tepat untuk Jarak 10 meter.

Lensa 3,6mm tepat untuk Jarak 5 meter.

BAGAIMANA kalau Camera CCTV kita tidak memiliki Lensa yang bisa di Zoom.
Lensanya Fix 3,6mm atau Lensanya Fix 6mm, maka SURVEY sangat dibutuhkan terlebih dahulu sebelum membeli Camera CCTV, ketahui dulu, dimana titik posisi camera mau dipasang dan berapa jarak terhadap Coverage Area semisal 10 orang diatas pentas tadi.

Kalau tanpa SURVEY, maka tips membeli Camera CCTV dengan Lensa Fix Opsinya, kalau tidak 3,6mm maka 6mm. Diatas sudah saya BOLD dengan warna Merah dan Biru, idealnya seperti itu.
Kalaupun posisi kamera terhadap objek ( baca FOV=Field of View ) lebih dari 10 meter, misalkan 50 meter, maka anda membutuhkan Lensa yang bukan Fix, Lensa yang VARIFOCAL istilah trend-nya, misalkan Lensa 4-50mm.










Tidak ada komentar: